Selasa, 21 Januari 2014

MAILING LIST

Definisi dan Pengertian Mailing List - Mailing List Adalah


Definisi Pengertian Mailing List tidak bisa lepas dari kata Mailing List itu sendiri. Kata Mailing List berupakan 2 buah kata dalam bahasa Inggris yang secara harafiah bisa diartikan dengan “Daftar Alamat”. Hal ini dikarenakan pada dasarnya Mailing List adalah kumpulan daftar alamat surat elektronik atau email dari para anggotanya.

Kumpulan daftar alamat email dari para member ini akan ditampung dalam suatu forum yang nantinya akan menjadi suatu wadah bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi dan saling bertukar informasi.


Jadi definisi
pengertian Mailing List secara umum, Mailing List adalah sebuah forum diskusi yang ada di dunia maya (internet), dimana setiap orang bisa saling berbagi informasi, bertanya, dan menjawab. Dan setiap orang dapat menjadi anggotanya dengan cara mendaftar terlebih dahulu. 

Cara pendaftaran mailing list ada dua cara yaitu via web dan via e-mail. 

Via web 
Pendaftaran mailing list melalui web, misalnya mailing list di Yahoogroups sebagai berikut:  
Buka homepage milis di
http:/ /groups.yahoo.com.  Misalnya nama milis smpn1pasean, maka URL homepage milis di http://groups.yahoo.com/ group/smpn1pasean Kemudian, klik Join untuk mendaftar dan ketik alamat e-mail kalian 


Via e-mail
Pendaftaran mailing list melalui e-mail caranya, kirim e-mail ke namamilis-subscribe@yahoogroups.com Misal nama milisnya smpn1pasean, maka kirim e-mail ke smpn1pasean-subscribe@yahoogroups.com.
maka secara otomatis server mailinglist akan mengirim e-mail konfirmasi kepada subscriber (pendaftar). Cek segera inbox e-mail kalian, bila pendaftaran yang pertama berhasil maka akan ada message dari 'Yahoo Groups' dengan subject'please Confirm your..,. segera balas email tersebut apa adanya (tanpa dikotak-katik). Bila berhasil, kalian telah menjadi subsciber (anggota mailing list).

caranya membuat atau mengcreate mailing list
1. Klik di sini Jangan lupa Sign dulu dengan user dan password alamat email yahoo
2. Klik “Start your group”
3. Akan ada tulisan “Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category” scroll ke bawah di ada tulisan “Browse Group Categories” yang di bawahnya ada bebarapa kategori yang bisa kita pilih. Di antaranya Business & Finance, Computers & Internet, Cultures & Community dll. Klik untuk memilih salah satu. Klik “Continue”.
4. Lihat tulisan “Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued). lalu scroll ke bawah ada “Browse Group Categories” di bawahnya tertulis beberapa kategori juga di antaranya Business Schools, Companies, Consumer dll. Klik lagi salah satu untuk memilih. Klik “Continue”.
5 Ada lagi “Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued)”. Kalau tidak mau menambah Sub kategori langsung aja klik tombol “Place My Group Here” dan masuk ke langkah berikutnya untuk membuat nama group dan deskripsinya. Ada tulisan “Step 2 of 3: Describe Your Group”
Group Name : Isi dengan nama group yang dikehendaki misalnya “langkah baru” atau ” The spiritcarier “
Enter Your Group Email Address : Isi alamat email group misalnya “langkahbaru”, “spiritcarier” dll
Describe Your Group : Isi dengan penjelasan group. Silahkan berkreasi untuk menjelaskan kepada rekan onliner tentang tujuan dari Milis yang kita bangun, apa boleh pasang iklan atau tidak dll. Singkat boleh panjang boleh asal tak lebih dari 2000 karakter.
Setelah selesai klik aja “Continue”.
6. Ada tulisan Step 3 of 3: Select your Yahoo! Profile and Email Address. Tarik ke bawah. Di bawah tulisan “Word Verification” masukkan di kolom yang tersedia rangkaian huruf acak dengan benar. Udah kan? Klik aja “Continue”.
7. Sukses. Setelah ada konfirmasi gini
Congratulations!
Your Group langkah baru has been created. You can access your group using the link below or from the Yahoo! Groups “My Groups” page.
maka berarti pembuatan Milis kita udah selesai. Lihatlah detail dari Group name, Group home page dan Group email. Ringkasnya kita sudah punya alamat group ( Url Group ) misalnya http://groups.yahoo.com/group/langkahbaru
8. Langkah berikutnya klik link “Customize Your Group” untuk setting detail group kita. Klik aja langsung Get Started, lalu Next, lalu Next kemudian Finish. Beres.
9. Kalau sobat pengen ngundang teman untuk join klik tombol “Invite People”. Jika tidak langsung aja Klik Go To Group. Nah udah kelihatan kan halaman milis kita.
10. Selamat menjadi moderator Milis.
semoga tambah bermanfaat…..

Cara join grup mailing list yahoo
Selain fitur mail, website yang memiliki fasilitas email juga menyediakan forum-forum diskusi dan tukar informasi yang dikenal dengan istilah mailing list. Pada yahoo, mailing list-nya terdapat pada yahoogroups. Syaratnya anda harus memiliki account mail yahoo terlebih dahulu. Bagaimana cara joinnya (how to joint a group in yahoo), berikut caranya:
  1. Ketik http://groups.yahoo.com/ pada browser anda dan enter.
    Kemudian pada kotak isian ‘Find a Yahoo! Group’ ketikkan nama mailing list yang ingin anda ikuti, jika anda masih ingin melihat-lihat dulu apa, anda bisa ketik sembarang kata. Mesin pencari akan mencari dan memperlihatkan kepada anda semua mailing list yang berisi kata-kata sesuai dengan kata apa yang telah anda masukkan dalam kotak isian tersebut.
  2. Jika anda sudah menemukan mailinglist yang ingin anda ikuti, klik pada nama mailinglist tersebut dan tunggu sampai yahoogroup membuka halaman deskripsi tentang mailinglist tersebut.
  3. Jika anda ingin join ke mailinglist tersebut, klik ‘Join This Group!’, biasanya tombol ini berada di bagian bawah.
  4. Namun jika anda ingin mencari yang lain maka klik tombol ‘back’ pada browser anda untuk kembali pada halaman sebelumnya yang menunjukkan daftar mailinglist.
  5. Setelah mengklik tombol ‘Join This Group!’ anda akan masuk pada halaman sign in to yahoo, ketikkan yahoo ID dan password anda. Setelah proses sign in, anda akan masuk ke halaman untuk ‘Join This Group’. Pada halaman ini anda di haruskan mengikuti steps (langkah-langkah) sebelum anda join.  Pertama, isi kolom ‘Comment to Owner’ yaitu komentar kenapa anda join grup ini. Kedua, pada ‘Message Delivery’ pilih Individual Email, ada pilihan lainnya tetapi anda bisa ganti setelah join. Ketiga, pada ‘Message Preference’, pilih Fully Featured. Keempat, isi kolom text kosong di bawahnya mengikuti contoh text yang ada (biasanya bentuk tulisannya agak ruwet/acak susunan maupun bentuk font-nya). Jika text-nya tidak jelas terbaca klik ‘click here’ untuk mengacak dan menampilkan text yang baru. Biasanya jika anda salah mengetikkan huruf, maka anda akan diminta memasukkan text baru. Kelima, klik tombol ‘join’.
  6. Lalu anda akan masuk ke halaman ‘Membership Pending’, ini menunggu konfirmasi dari pemilik mailing list, apakah anda diijinkan masuk atau tidak. Klik ‘Back to Yahoo! Groups Home Page’ untuk kembali ke halaman induk. Coba cek mail anda dengan menekan tombol/tulisan ‘Mail’ di bagian atas kiri (biasanya tulisannya kecil) pengecekan diperlukan untuk mengetahui apakah sudah ada mail dari pemilik (moderator) grup mailing list tersebut. Jika belum ada jawaban,  mungkin orangnya masih di luar jalan-jalan jadi sign out saja jika anda tidak ingin menunggu. Jika mau menunggu, sering-seringlah me-refresh halaman.
dalam penggunaan email, chatting, dan mailing list dapat menyeret para
penggunanya kepada situasi yang tidak sehat jika salah satu pihak tidak mengerti
budaya di Internet. Untungnya, petunjuk itu telah dibukukan oleh sebuah kelompok
kerja yang diberi nama Responsible Use of the Network (RUN) Working Group yang
merupakan bagian dari The Internet Engineering Task Force (IETF), dan telah
dimasukkan dalam dokumen RFC yaitu RFC1855 Netiquette Guidelines. Petunjuk itu
dikenal dengan Nama Netiquette atau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi
Netiket.
Istilah “netiquette “mulai dikenal setelah pemakaian internet semakin meluas di
kalangan masyarakat umum. Kata “net” berasal dari singkatan “internet”. Kata
"etiquette/etiket" berarti situasi formal yang diperlukan untuk pergaulan sosial. Menurut
etimologinya berasal dari dari bahasa Perancis untuk kata "etika/moral." Jika sahabat
mengetahui etiket/etika untuk masyarakat atau kelompok tertentu, berarti sahabat
mempunyai kesempatan untuk masuk ke dalam pergaulan sosial tersebut. Netiket
berarti Etika Dalam Dunia Internet.
Karena sebagaimana layaknya hubungan antar manusia konvensional yang mengenal
norma-norma tidak tertulis yang harus dipatuhi, dalam dunia maya inipun norma-norma
semacam itu dirasakan kebutuhannya. Ini semua tidak lain guna menjamin
kenyamanan para pemakai dalam melakukan interaksi. Terlebih di dunia internet ini
tidak terjadi tatap muka, namun terjadi interaksi yang ada kalanya sangat aktif melebihi
interaksi langsung. Untuk itulah kebutuhan akan etiket 'pergaulan' sangat relevan.
Secara praktis netiket dasar yang penting untuk diketahui disini adalah:
Pertama: Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia.
Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau postingan kita benar-benar
manusia yang memiliki perasaan. Sehingga:
· Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar
program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara
otomatis ke dalam isi surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam
jawaban email, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya
menjawab bagian-bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang
memakan file yang besar, yang membuat loading menjadi lambat, yang berarti
akan menambah beban tidak hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si
pengirim.
· Perlakukan email secara pribadi. Jika seseorang mengirim informasi atau
gagasan buat anda secara pribadi, anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum
umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat
komunikasi personal.
· Jangan gunakan huruf kapital. Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat
elektronik, membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang
berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama
berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap
berteriak. Mungkin maksud anda untuk memberi tekanan aja, namun bisa
berakibat beda lho.
· Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya.
Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama
'Forward', yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke
orang lain.
· Jangan gunakan CC. Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya
di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika anda
lakukan hal itu, atau biasa disebut cross posting, semua orang yang menerima
email yang anda kirimkan, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain.
Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum.
Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya
bisa melihat alamat emailnya sendiri.
· Jangan sembarangan menggunakan format HTML. Jika mengirim sebuah pesan
penting ke rekan, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa
program email rekan, bisa memahami kode HTML. Jika tidak, maka pesan sama
sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
· Jangan kirim file (dalam jumlah besar) dalam bentuk attachment Peraturan email
secara internasional melarang pengiriman format melalui email, apalagi di dalam
milis. Jangan pernah bayangkan, rekan anda (atau dalam hal milis: semua
anggota milis) memiliki mailbox (atau hard disk) yang cukup. Pengiriman file
yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas
menambah beban pulsa. Jika file melebihi kuota, maka proses downloading
praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail,
yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai kriminal! Sebaiknya, minta izin
dulu, bahwa anda akan mengirim file, kalau perlu, jelaskan besaran file-nya. Jika
rekan anda oke, baru bisa mengirim attachment. Atau compress attachment
tersebut.
· Jawablah secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu
jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan anda
menjawab hanya satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan. Inilah yang
disebut jawaban one liner (pesan satu baris) sesuatu yang dianggap tidak
menghargai orang yang menanya.
· Subyek mencerminkan isi. Kalo yang ini gak usah dijelasin lagi. Iya gak?
Pokoknya, ganti subyek e-mail ketika isi e-mail sudah mulai tidak sesuai dengan
topik/subyek.
· Jangan sampai menipu pembaca. Biasakan untuk menulis judul (Subject)
dengan jelas dan sesuai dengan isi pesan. Ini terutama untuk pesan pertama
atau pesan bisnis. Untuk pesan penting dan menyangkut reputasi anda, pakailah
selalu alamat surat elektronik resmi. Terlebih untuk pesan pertama ke orang
yang tidak mengenal anda, karena ada kecenderungan pemakai (terutama yang
banyak menerima surat elektronik) untuk langsung menghapus pesan tanpa
melihat isi. Jangan sekali-sekali mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang
sekaligus (untuk promosi misalnya). Ini beresiko alamat surat elektronik anda
akan dimasukkan daftar hitam sebagai pengirim junk-email (surat sampah). Bila
membalas (reply) pesan yang panjang, hapus sebagian pesan yang lama untuk
menghemat waktu pengiriman. Ini juga akan membantu penerima untuk mendownload.
Sama dengan ini adalah hindari mengirim data yang sangat besar
(data gambar, dll) bersama dengan pesan. Terlebih untuk pesan ke orang yang
tidak begitu anda kenal, pakailah bahasa yang sopan. Terlebih bila anda tidak
mengetahui usia atau posisi orang yang dikirimin pesan.
Kedua: Standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya. Konsekuensinya:
Jaga keetisan, melawan hukum adalah netiket yang buruk.
Ketiga: Ketahuilah di mana anda berada di dunia maya. Maka: Netiket bervariasi dari
satu domain ke domain lainnya, Tunggulah sambil mengamati (dengan membaca
posting-posting sebelumnya) domain yang akan anda masuki sebelum berinteraksi di
dalamnya.
Keempat: Hargailah waktu dan bandwidth orang lain. Konsekuensinya:
· Gak mengapa jika anda menganggap apa yang sedang anda kerjakan saat ini
merupakan hal yang terpenting di jagad raya. Namun, jangan berharap bahwa
orang lain akan berpikiran sama.
· Kirim pesan (posting) pada grup diskusi yang sesuai. Tetaplah pada topik
diskusi, jika pesan anda tidak sesuai dengan topik yang ada, jangan kirimkan
pesan tersebut.
· Usahakan untuk tidak menanyakan hal yang bodoh pada grup.
· Baca dahulu FAQ (Frequently Asked Questions) sebelum mulai bertanya.
· Gunakan email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada
mengirimkannya kepada grup.
· Jangan membuang waktu pembaca yang sudah mahir, dengan mengirimkan
informasi yang mendasar.
· Perhatikan benar isi dan tujuan mailing-list dan hindari mengirim pesan yang
tidak berhubungan.
· Hindari mengirim pesan yang bersifat pribadi atau hanya relevan untuk beberapa
anggota.
· Ingatlah selalu bahwa anggota mailing-list adalah majemuk dan memiliki latar
belakang yang berbeda.
· Pesan anda tidak mengandung hal-hal yang berpotensi menyinggung pihak lain.
Pada saat masuk sebagai anggota mailing list, simpan baik-baik petunjuk untuk
masuk dan keluar sebagai anggota, atau minimal pastikan bahwa anda
mengetahui bagaimana cara keluar dan masuk.Ini perlu agar tidak mengirimkan
pesan untuk keluar melalui forum umum. Pesan-pesan semacam ini sangat
mengganggu anggota lain dan membebani jaringan secara keseluruhan. Dan
jangan-sekali-sekali mengirimkan pesan hanya untuk menyatakan setuju atau
tidak setuju karena akan sangat mengganggu traffic dari mailling list tersebut dan
juga membebani jaringan mailling list dan tidak semua orang akan nyaman
dengan hanya melihat kata setuju anda yang hanya beberapa kata yang tidak
mempunyai manfaat apapun terhadap penerima secara keseluruhan dan tidak
semua anggota akan senang terhadap pesan-pesan seperti ini, karena akan
membuat penuh mailbox mereka.
· Point yang utama jangan samakan mailling list seperti chatting yang dapat
memperlihatkan spontanitas sahabat, karena mailing list adalah forum diskusi
dan informasi bukan forum bincang-bincang ala kadarnya.
Kelima: Jangan membuat bingung pembaca. Caranya:
· Buat email seperti kartu pos. Jaga supaya pesan singkat dan tepat saja.
· Jangan terlalu berlebihan dalam mengutip. Dalam membalas pesan kutiplah
hanya hal yang penting untuk dibalas.
· Tulis dan ejalah dengan benar. Tulis seperti menulis sebuah surat.
· Jaga supaya signature paling banyak empat baris saja.
· Cek ulang di Web jika anda mendapat email, misalnya tentang virus. Jika gak
pasti tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain.
· Jangan mengirim spam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar