Senin, 22 Oktober 2012

TATA CARA AKSES INTERNET

Pelayanan jasa PT Telkom yang memberikan pelayanan jasa koneksi ke internet secara langsung atau instant tanpa pendaftaran terlebih dahulu. jasa PT Telkom ini, yaitu Telkomnet Instant sangat praktis karena biaya sambungan telepon ke internet sudah digabung menjadi satu. pada perkumpulan ISP di Indonesia dihimpun dalam wadah yang bernama APJII atau Asosiasi Penyelenggara jasa internet Indonesia dengan situsnya htttp://www.apjii.or.id/ . Adapun badan pengatur internet diseluruh dunia diatur oleh badan sebagai berikut:
  • Internet society (ISOC), merupakan badan yang bertanggung jawab untuk aplikasi tehnologi internet serta permasalahan politik dalam jaringan internet itu sendiri.
  • Internet Architecture Board (IAB), nerupakan badan yang bertanggung jawab untuk mengatur standarisasi internet, misalnya dalam pengaturan penomoran protocol IP. Internet engineering task force (IETF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk standar-standar internet, misalnya aplikasi, routing dan addreaing serta keamanan komputer.
  • Internet Research Task Force (IRTF) merupakan badan yang bertanggung jawab untuk penelitian-penelitian internet jangka panjang.
Berikut ini cara menghubungkan diri dengan ISP dengan memakai windows XP:
  • Klik start-My network olaces properties. klik create a new conection. Kemudian muncul New colennection wizard klik next
  • setelah itu muncul kotak dialog, cari dan klik connect to the internet.Kemudian klik next;
  • pilih set up my connection manually, kemudian klik next;
  • klik connect using a dial-up modem. Kemudian klik next;
  • masukkan nama ISP-nya, misalnya pustakers. kemudian klik next, masukkan pula nomor dial-up telepon ISP. Misalnya, tanpa menuliskan kode area, klik 4210233.kemudian klik next;
  •  Masukkan username dan password-nya, kemudian klik next; Setelah itu proses setting selesai. klik Finish.
 Akses Internet menggunakan ISP
Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini segala hal bisa diperoleh gratis dari internet! Setelah beberapa saat berselancar (surfing) di internet, anda akan segera mendapati kenyataan bahwa tidak hanya lautan informasi serta ribuan software saja yang bisa diperoleh gratis, melainkan juga berbagai macam materi bersifat fisik seperti majalah, CD-ROM, CD-Musik, kaset tape, kaset video, buku-buku, kaos, stiker, brosur, peta, kartu-kartu ucapan, alat-alat permainan, sampai contoh-contoh produk baru seperti parfum, sabun, pewarna rambut dan bahkan uang dolar! Syaratnya hanya satu, Anda telah terhubung ke internet.
untuk bisa mengakses internet melalui penyedia layanan internet (ISP-Internet Service Provider) saja, anda harus mengucurkan uang untuk membayar biaya pendaftaran, membayar uang bulanan serta membayar uang kelebihan jam koneksi. Ditambah lagi anda juga harus membayar uang pulsa telepon (plus abondemennya). Tetapi sekarang, anda tidak perlu serepot itu. Mungkin anda tidak percaya, tetapi inilah kenyataannya!.
Kini anda bisa mengakses internet melalui ISP-G (ISP-Gratis); yang dipelopori oleh Telkom Net Instan; dari rumah anda kapanpun anda inginkan. anda hanya perlu membayar pulsa telepon ke TELKOM Rp. 110,- s/d Rp. 160,- per menit. anda tidak perlu repot melakukan kontrak langganan untuk mendaftar ke ISP, tidak perlu membayar uang bulanan ke ISP dan tidak perlu lagi membayar biaya koneksi kelebihan jam.
Koneksi internet dari TELKOM sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru
digratiskan sejak bulan September 1999. TelkomNet Instan menggunakan Gateway langsung dari Amerika Serikat. Kecepatan koneksi yang bisa diperoleh oleh user berkisar antara 43 Kbps sampai 56 Kbps.Selain TelkomNet Instan, sebenarnya ada lagi ISP-G lain, yaitu LinkNet.[ps]

Ada banyak pilihan dalam berbagi akses internet, tapi dalam artikel ini akan dibahas 4 cara saja:

1. Menggunakan hubungan "peer to peer"
2. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem
3. Menggunakan active hub
4. Menggunakan wireless router

1. Menggunakan hubungan "peer to peer"

Hubungan "peer to peer" adalah hubungan antar 2 komputer lewat suatu media tertentu. Pilihan media tersebut dan kebutuhan peralatan sesuai pilihan media adalah:

* Ethernet (dengan koneksi RJ-45)
1. Ethernet port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2. Kabel ethernet yang dicross; Bisa dipesan di toko komputer yang menyediakan peralatan networking; Kabel ini berbeda dalam penyambungan jalurnya dibandingkan kabel network biasa.
* Firewire
1. Firewire port pada kedua komputer yang akan dihubungkan.
2. Kabel firewire dengan ujung konektor yang sesuai dengan port firewire pada kedua komputer; Konektor firewire memang mempunyai dua tipe yaitu yang kecil dan yang besar; Yang besar biasanya terdapat pada komputer dekstop dan yang kecil pada komputer notebook.

Pilih salah satu koneksi tersebut dan konfigurasikan TCP/IP dari koneksi tersebut (ethernet atau firewire) pada komputer yang terhubung langsung ke internet (kita sebut saja komputer server) sehingga IP komputer tersebut adalah 192.168.1.1

Kemudian konfigurasikan TCP/IP dari komputer client (komputer yang akan dihubungkan ke komputer server) sehingga IP komputer tersebut menjadi 192.168.1.x di mana x adalah nilai pilihan anda sendiri antara 2-254; Subnet mask 255.255.255.0; Gateway 192.168.1.1

2. Menggunakan koneksi USB & ethernet pada modem

Dalam hal ini, kita memanfaatkan fasilitas dari modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai fasilitas koneksi USB dan ethernet. Dengan demikian, anda akan memerlukan:

1. Modem (ADSL atau cable TV) yang mempunyai port ethernet dan USB
2. Kabel ethernet atau RJ-45 (biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
3. Kabel USB (juga biasanya sudah disediakan dari modem tersebut)
4. Satu komputer yang mempunyai port ethernet
5. Satu komputer yang mempunyai USB port

Hubungkan komputer pertama ke modem dengan ethernet, lalu konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai dengan informasi dari si penyedia layanan internet (ISP) tersebut.

Install USB driver dari modem tersebut ke komputer kedua, lalu hubungkan komputer tersebut ke modem lewat USB. Kemudian konfigurasikan (IP, DNS, dll) sesuai informasi dari ISP yang dipakai.

Biasanya digunakan automatic IP dan DNS

3. Menggunakan active hub

Anda perlu menyediakan:

1. Modem yang mempunyai koneksi ethernet
2. Active hub atau switch ethernet
3. Kabel network/ethernet untuk menghubungkan active hub ke modem
4. Komputer-komputer yang mempunyai port ethernet
5. Kabel network/ethernet sesuai dengan jumlah komputer yang dipakai

Hubungkan active hub ke modem, kemudian hubungkan semua komputer yang active hub tersebut.

Konfigurasikan semua komputer sehingga menggunakan automatic IP dan DNS, kecuali kalau ada informasi tertentu dari ISP

4. Menggunakan wireless router

Kalau anda membutuhkan koneksi wireless, maka pilihan ini memang anda perlukan. Anda punya dua pilihan:

1. Modem yang mempunyai kapabilitas wireless router
2. Wireless router yang akan dihubungkan ke modem.

Tentu saja semua komputer yang digunakan harus mempunyai kapabilitas wireless atau Wifi.

Biasanya, modem akan dikonfigurasi dengan IP 192.168.1.1 dengan DHCP aktif, sedangkan router dikonfigurasi dengan IP 192.168.2.1, juga dengan DHCP aktif.
Pastikan wireless router tersebut menggunakan enkripsi (WEP, WPA, dll), lalu catat key yang sudah di-generate.
Kemudian masing-masing komputer bisa langsung dihubungkan ke router tersebut dengan memasukkan key sewaktu diminta oleh koneksi wireless tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar